MKSNOW, Makassar – Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah (NA) didampingi Pangdam XIV Hasanuddin dan Kapolda Sulsel melepas peserta Sepeda Santai Dalam Rangka Memeriahkan Hari Juang TNI AD Tahun 2019 di Lapangan Hasanuddin Makassar, Jumat, 6 Desember 2019.

Gubernur bersepeda santai menempuh jarak 15 Km, dimulai dari Jalan (Jl.) Jendral Sudirman, Jl. H. Bau, Penghibur, Jl. Pasar Ikan, Jl. Ujung Pandang, Jl. Nusantara, Jl. Tentara Pelajar, Jl. Ujung, Jl. Bandang, Jl. Masjid Raya, Jl. G. Bawakaraeng, Jl. Veteran Utara, Jl. Veteran Selatan, Jl. Dr. Ratulangi, kembali finish di Lapangan Hasanuddin Jl. Jendral Sudirman.

Hari Juang TNI AD diperingati setiap 15 Desember ini sebelumnya bernama Hari Juang Kartika (dulunya Hari Infanteri). Peringatan ini demi menghormati dan menghargai peran anggota Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang gugur dalam Palagan Ambarawa.

Peran TKR sangat besar ketika mencoba mempertahanankan kedaulatan Indonesia. Pertempuran ini tidak bisa dihindari. Ambarawa menjadi salah satu wilayah pertempuran besar pada pertengahan Desember 1945. Perang ini berakhir pada 15 Desember 1945.

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, menyampaikan kegiatan sepeda santai ini diharapkan terus berlangsung karena bermanfaat untuk menyehatkan, menumbuhkan rasa bahagia, menguji fisik dan juga menjalin silaturahmi.

Adapun hadiah sepeda santai ini dengan hadiah doorprize dua sepeda motor dan 18 sepeda.

“Jangan pulang dulu, sayang sekali kalau tidak dapat doorprize,” sebutnya menutup sambutan.

Para peserta di Lapangan Hasanuddin juga menikmati fasilitas olahraga seperti bola voli dan tenis meja serta sajian makanan tradisional.(*)